Minggu, 13 Januari 2013

Standar Kompetensi
Kemampuan memahami sejarah, kenampakan alam, dan keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten/ kota dan provinsi.
Kompetensi Dasar :
Siswa mampu mendeskripsikan kenampakan alam kabupaten/ kota dan provinsi dan hubungannya dengan keragaman sosial (misalnya: jenis pekerjaan) dan budaya (misalnya:cara hidup).
Materi :
Kenampakan Alam



Kenampakan Alam


Pengertian
Kenampakan alam merupakan bentuk muka bumi. kenampakan alam disebut juga dengan istilah bentang alam. setiap daerah mempunyai kenampakan alam yang berbeda-beda. ada yang datar, ada yang berbukit-bukit, ada daerah yang tertutup dan ada pula yang digenangi oleh air.
Pada dasarnya kenampakan alam dibagi menjadi dua bagian yaitu kenampakan alam wilayah daratan dan kenampakan alam wilayah perairan.
1. Kenampakan Alam Wilayah Daratan
wilayah daratan adalah bagian dari permukaan bumi yang tidak digenangi air dan berbentuk padat. kenampakan alam yang termasuk wilayah daratan adalah sebagai berikut:
a. dataran rendah
Dataran rendah adalah wilayah datar yang memiliki ketinggian 0-200 meter diatas permukaan laut. Pada peta dataran rendah biasanya digambarkan dengan warna hijau. Dataran rendah banyak dimanfaatkan untuk pemukiman, industri dan pertanian.
b. Dataran Tinggi
Dataran tinggi adalah wilayah daratan yang sangat luas yang terletak pada ketinggian diatas 200 meter ari permukaan laut. Dataran tinggi disebut juga dengan pluto. Pada peta, biasanya disimbolkan dengan warna coklat. Contohnya yaitu dataran tinggi Dieng di jawa barat, dataran tinggi Alas di Aceh. Dataran tinggi ini sangat cocok untuk kegiatan wisata dan perkebunan, Tanaman yang cocok untuk perkebunan antara lain cengkeh, teh, kopi, sayuran dan buah-buahan.
 c. Pantai
Pantai adalah wilayah perbatasan antara laut dan daratan. pantai ini ada yang landai dan ada yang terjal. pantai banyak dimanfaatkan sebagai tempat wisata. contohnya pantai senggigi di NTB, pantai kasih di Aceh, dan sebagainya.
d. Gunung
Gunung adalah bagian bumi yang menonjol tinggi dengan ketinggian puncaknya diatas 600 meter. Gunung dibedakan menjadi dua jenis yaitu gunung berapi dan gunung tidak berapi.
  • gunung berapi, yaitu gunung yang masih aktif dan sewaktu-waktu dapat meletus. contohnya gunung tangkuban perahu di Jawa Barat, gunung kerinci di NTB, dan sebagainya.
  • gunung tidak berapi,  yaitu gunung yang sudah tidak aktif. gunung tidak berapi ini disebut juga gunung mati. contoh gunung muria di jawa tengah, gunung tambora di NTB, dan sebagainya.
e. Pegunungan
Pegunungan adalah rangkaian gunung yang yang sambung menyambung satu sama lain. pegunungan sering dimanfaatkan untuk tempat wisata. selain karena udaranya sejuk juga karena pemandangannya sangat indah. contohnya pegunungan kendeng di jawa barat, pegunungan jayawijaya di papua, dan sebagainya.
f. Tanjung
Tanjung merupakan daratan yang menjorok ke permukaan laut.tanjung kadang disebut dengan ujung. tanjung yang luas disebut juga semenanjung. contohnya tanjung perak di surabaya, tanjung batu di kalimantan timur, dan sebagainya.
g. Delta
Delta adalah daratan yang ada di tengah sungai.  biasanya di muara sungai. contohnya delta sungai bengawan solo yang bermuara di laut jawa, dan sebagainya.
2. Kenampakan Alam Wilayah Perairan
wilayah perairan merupakan bagian dari permukaan bumi yang tergenangi air. kemnampakan alam yang termasuk adalah:
a. Sungai
Sungai adalah aliran air yang panjang yang berasal dari mata air dan bermuara atau berakhir di laut. sungai banyak digunakan sebagai arana transportasi dan perairan. contoh sungai kapuas di kalimantan, sungai asahan di riau dan sebagainya.
b. Danau
danau merupakan genangan air yang sangat luas da dikelilingi oleh daratan. kebanyakan danau ini adalah air tawar. biasanya digunakan sebagai tempat rekreasi dan olahraga. contoh danau toba di sumatera utara, danau batur di bali, dan sebagainya.
c. Laut
Laut merupakan perairan yang sangat luas dengan ciri airnya asin. laut banyak menghasilkan jenis ikan, udang, kerang serta rumput laut. contoh laut jawa, laut banda dan sebagainya.
d. Selat
Selat adalah laut sempit diantara dua pulau. selat ada yang dibuat manusia, disebut dengan terusan atau kanal. selat sering digunakan sebagai transportasi antar pulau. contoh selat sunda di antara pulau sumatera dan pulau jawa dan selat bali antara pulau jawa dan pulau bali.
e. Teluk
Teluk merupakan laut yang menjorok ke daratan. teluk di Indonesia sangat banyak. teluk banyak dimanfaatkan untuk pelabuhan dan empat wisata. contoh teluk penyu, teluk semarang, telk cendrawasih dan teluk bone.
f. Rawa
Rawa adalah daearah yang digenangi air dengan tanahnya berlumpur. Rawa biasanya terdapat di daerah pantai. keberadaan rawa sangat penting karena dapat mencegah terjadinya kerusakan dan pencemaran lingkungan.

1 komentar:

  1. TITIAN TRIMULY - Stainless Steel (Titanium) | TITNARD
    TITIAN titanium fat bike TRIMULY Stainless Steel (Titanium) - Used in TITNARD. - Manufactured in Solingen, Germany. titanium wheels - TINNARD - Authentic TINNARD - Used in TITNARD ti89 titanium calculators - The $11.99 titanium pen · ford ecosport titanium ‎In stock

    BalasHapus